TANYA USTAD

Forum ini GRATIS, siapa saja boleh mengirim pertanyaan, kami akan menjawabya, tentunya setelah kami diskussikan dengan para ahlinya. Pertanyaan tidak di layani jika mengandung pornografi, sara, bid’ah atau subject yang akan memecah persatuan umat islam. Bertanyalah seputar kehidupan kita sehari-hari, seperti hubungan keluarga antara istri, suami, anak, orangtua, mertua dan masyarakat, aqidah, fiqh / hukum islam & segala aspek ibadah. Insya Allah jika waktu kami memungkinkan, akan kami jawab dengan sebaik-baiknya.

Terima kasih.

Wassalammualaikum Wr. Wb.

4 responses

25 06 2008
Tandhi W

Assalammualaikum Wr. Wb.,

Pak Ustad, Ada hal yang ingin saya tanyakan sbb:
Saya pernah bekerja di PMA besar yang bergerak di bidang Kimia dan saya sebagai staff yang mengembangkan semua jenis produk di pabrik tersebut dimana formula aslinya didatangkan dari Jerman. Sudah 6 tahun yang lalu saya meninggalkan perusahaan tersebut dengan membawa semua data hasil riset saya, formula2 dan SOP QC & Process. Dan sekarang ada yang berminat dengan formula tersebut. Pertanyaan saya, ditinjau dari sudut agama Islam apakah sah jika saya menjual formula tersebut kepada pihak lain yang berminat? Saya sangat mengharapkan jawaban dari Pak Ustad mengenai hal ini dan sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya.

Wassalammualaikum Wr. Wb.

26 06 2008
Ibnu Gozali

Waalaikum Salam W. Wb.
Ikhwan Tandhi W yang kami hormati…
Sudah sangat baik sekali jika Ikhwan mau mempertimbangkan segala keputusan yang akan diambil. Segala sesuatu lihat manfaat dan mudorotnya. Itu adalah bagian dari ujian hidup Ikhwan, jika Ikhwan berhasil mengendalikan nafsu dunia dan iman Ikhwan, tentu Ikhwan akan menjadi insan yang bertaqwa dan lulus dari ujian yang Ikhwan hadapi tersebut.
Sekarang coba Ikhwan berfikir bagaimana seandainya Ikhwan sebagai pemilik Perusahaan tersebut yang salah satu karyawannya seperti Ikhwan? Ikhwan bisa pilah-pilah mana yang baik ke depan dan tidaknya. Ambillah apa yang sudah menjadi hak Ikhwan saja, misalnya .. Ikhwan berhak mendapatkan segala ilmu yang Ikhwan dapatkan di perusahaan itu, tapi Ikhwan tidak berhak dengan apa yang tidak menjadi hak Ikhwan, seperti data formula rahasia perusahaan, sekalipun itu sangat berharga.
Semua tergantung niat Ikhwan, jika ikhwan berniat hanya untuk kepentingan dan kekayaan pribadi, tentu akan lebih banyak modorothnya, tapi sebaliknya jika Ikhwan berniat untuk kepentingan halayak banyak, bukan hanya manfaat di dunia semata yang akan Ikhwan terima tapi juga royalti akhirat. Di Dunia Ikhwan akan merasakan sesuatu yang tidak semua orang lain bisa rasakan yaitu keberkahan hidup. Begini, seandainya Ikhwan dapt rejeki yang tidak halal, lantas rejeki itu dimakan oleh anak istri kita, proses mencucian darah yang terkontaminasi rejeki haram sangat lama sampai beberapa keturunan, efek haram akan terbentuk pada karakter anak dan istri kelak. Jika Ikhwan menyadur dan mengembangkan formula tersebut untuk menambah pengetahuan dan kepentingan orang banyak sah-sah saja, tapi jika Ikhwan menjualnya kepada orang ketiga yang tidak kita ketahui dasar agama dan kepentingannya, Ikhwan akan diminta pertanggung jawaban kelak jika orang ketiga tersebut menyalahgunakan formula tersebut.
Demikian Ikhwan Tandhi W, semoga puas dengan jawaban ini. dan terima kasih dengan pARTISIPASINYA.

Wassalamualikum Wr. Wb.

4 09 2008
Aris

Assalamu’alaikum Wr.Wb.,
Saya Aris, mohon petunjuk dari Ustadz. Saya seorang muallaf, saya “dahaga” untuk terus mencari-mendalami Islam seutuhnya-seluruhnya. Saya pernah terpikir, adakah buku yang memuat semua tata-tata cara dalam beribadah dalam Islam, seperti Sholat Fardhu & Sunnah, tatanan membaca Al-Qur’an, ya pokoknya semua detail ilmu-tatanan Islam. Saya sering masih kekurangan ilmu, contohnya misalnya perkara sholat, do’a, tindakan-sikap Islami, arti-arti kalimat-istilah Islami, dsb. Kira-kira misalnya ada terbitan buku yang memuat hal-hal tersebut, dimanakah saya bisa memperolehnya? Kenapa saya berfikir tentang buku, karena tuntutan hidup saya, yang menyebabkan masih sulitnya saya meluangkan waktu semisal secara langsung “berinteraksi” dengan ustadz atau kyai, kecuali dengan buku, saya bisa sambil “mobile” saya membaca-bacanya (Bahkan, saya sendiri masih belum mengerti, istilah ustadz dan kyai)… Mohon bisa memberikan pencerahan bagi saya, seorang muallaf yang bingung, dikarenakan lingkungan saya malah “mengolok-olok” saya karena masih sangat awam dengan Islam (bukannya seharusnya mereka membimbing)…jadi ada terbersit rasa malu, untuk bertanya lebih jauh lagi… Mohon pencerahan?
Terimakasih atas responnya.
Wassalam

16 09 2008
Ibnu Gozali

Ihwan Aris yang dihidayahi Allah SWT,
Sungguh sesuatu yang tidak semua orang bisa mendapatkan hidayah seperti Ihwan Aris. Sungguh hanya pada orang-orang terpilih Allah memberikan hidayahnya. Tinggal Ihwan Aris mendalami ilmu-ilmu tentang keislaman. Banyak cara mempelajari lebih dalam tentang islam, salah satunya dari buku. Banyak buku-buku agama yang mengulas tentang Islam dan pendekatannya kepada Allah. Mungkin Antum (Ihwan Aris) tidak cukup belajar dari satu nara sumber, banyak ragamnya. Misalnya untuk mempelajari tentang sholat Antum harus mempelajari buku tentang “Tuntunan sholat lengkap” baca bukunya di
Tuntunan Shalat Lengkap, Ensiklopedia Shalat link di http://laroci.com/a/index.php?main_page=product_info&cPath=9&products_id=6

atau di : http://www.annahl.com/?x=Catalogue&pid=1184646520

atau mau lebih lengkapnya cari di google dengan kata kunci “Tuntunan Sholat Lengakap” di sana banyak pilihan mengenai sholat lengkap baik sunnah maupun wajib, disertai dimana Ihwan Aris dapat membelinya.

Ga usah gusar jika Ihwan Aris kesulitan membelinya, ada yang menyediakannya dengan cuma-cuma alias gratis.

disediakan dalam bentuk PDF, Ihwan Aris bisa download gratis di :
http://www.4shared.com/file/53667800/e22fe930/Tuntunan_Sholat.html?err=no-sess

atau pilihan lengkapnya ada di : http://www.pdf-search-engine.com/tuntunan-shalat-pdf.html

Nah untuk mempelajari buku-buku islam yang lainnya Ihwan Aris bisa download gratis ilmu pengetahuan dunia islam di

download kitab pada website ini : http://www.miftahulkhoir.co.cc

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Jajakumulllah khoiran kasiron….

semoga Allah selalu membuka pintu ilmu yang luas untuk Ihwan Aris.

Amin-amin ya robbal Alaamin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: